Senin, 26 November 2018

Outbound Ke Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan

Awal bulan November tepatnya tanggal 4 November 2018 TK - nya Feeya mengadakan acara outbound ke Bhakti Alam Pasuruan. Senang banget sih Feeyanya karena ini jalan - jalan pertamanya bersama teman TK.
Ya ya lah Feeya cuma TK setahun aja sih yaitu langsung TK B , gak pake TK A. Apalagi Paud. Berdasarkan pengalaman kakaknya jadi kami memilih langsung TK B ini. Kalau kakaknya sih mulai PAUD alias Play Group, TK A dan TK B.  Dan SD kakaknya kurang dari 6 tahun malah, jadi masuk ke swasta yang tidak mempermasalahkan umur.
Untuk si adik walau langsung TK B, saat selesai TK nanti dia pas 7 tahun, usia yang disarankan pemerintah untuk mulai SD.
Pagi - pagi jam 5.45 BBWI kita sudah harus berkumpul di tempat yang sudah ditentukan (Immer) karena gak mungkin busnya masuk ke TK. Gak muat. Xixixixixi...
Ada total 5 bus yang disewa.
Rata - rata setiap bus isinya 50 an lebih jadi total yang ikut kurang lebihnya 250 an orang.
Paket Outbound harganya Rp 95.000,00 / anak dengan fasilitas :
Tiket masuk
Outbound
Rekreasi
Edukasi
Makan Siang

Rincian untuk biaya tersebut terdiri dari :
1. Tiket masuk lokasi Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan
2. Berkeliling kebun naik kereta wisata

Kereta Wisata
Agrowisata Bhakti Alam

3. Mendapat fasilitas pemandu wisata
4. Berkunjung ke perkebunan
Agrowisata Bhakti Alam disini sebenarnya terkenal dengan icon durian, cuma sayangnya pas kesini Duriannya belum ada. Ada cuma 1 - 2 pohon aja , lainnya masih pentil - pentil buahnya.
5. Memerah susu sapi

Titian Tali

Jembatan V

12. Fun Games
Saat Fun Games kakak - kakak trainer komunikatif banget.
Ada joget Pokemon

Game kekompakan ortu dan anak
Nah awalnya saya pikir yang main game anak - anak aja , pas panas lagi cuacanya. Saya dan para orangtua leha - leha di Gazebo. Enak. Adem. Eh dipanggil suruh ikutan main. Okelah. Untung gak berat - berat amat sih. Jadi kita dikasih  selembar koran yang dilipat semakin kecil. Terus gimana caranya ketika lagu berhenti dan lipatan koran semakin kecil kita semua (ortu dan anak) cukup di dalam koran itu.
Ada juga lempar bola. Ortu yang lempar anak yang tangkap
13. Edukasi dan Praktek penanaman padi
Anak - anak beneran disuruh turun ke tempat yang disebut "sawah" dan disuruh tanam padi walau kata Feeya padi-nya cuma sebatang sih. Dari sini anak - anak berlumpur banget persis kayak di sawah
14. Kolam bilas
Abis dari "sawah" mereka membersihkan diri disini
15. Edukasi pembiakan ikan
Kalau gak salah dikasih tau juga sih Feyaa dan teman - temannya.  Sayanya aja yang gak ngikutin Feeya karena stay di gazebo. Hihihi....jangan .dicontoh ya anaknya capek - capek emaknya leha-leha
16. Edukasi pemanfaatan biogas
17. Edukasi pembuatan keripik buah
Nah saya juga gak tau dia masuk atau gak ke tempat ini karena kita beda - beda jalannya (ortu dan anak pisah)
Tapi saat kita masuk Pawon Jawa kita disuguhi 3 macam keripik dan jamu beras kencur
18. Edukasi pengolahan susu pasteurisasi
Kayaknya sih dia masuk kesini. Karena kita jalannya gak bareng. Anak-anak jalan sendiri. Para ortu juga jalan sendiri.
19. Taman air "IMUT"
Kalau Feeya sih suka banget disini. Dan pake seragam olahraga gak pa pa , gak harus pake baju renang kok disini.

Kolam Air Imut

20. Dipandu oleh trainer outbound
Jadi saat kemarin memang ada beberapa kegiatan yang anaknya jalan sendiri sama teman - temannya didampingi ustadzahnya sih. Dan kami para orangtuanya yang mendampingi memang gak ikut kegiatan mereka karena memang beda acara plus beda bayar juga ya. Hehehe...
Alhamdulillah Feyya nih termasuk gak rewel walau gak jalan sama ortunya mungkin juga karena umurnya cukup ya saat dia masuk TK B ini.

Tiket masuk pendamping adalah
Rp 40.000,00 Weekday (Selasa - Jum'at)
Rp 45.000,00 Weekend ( Sabtu - Minggu)
+ Makan Siang Rp 22.500,00/ box
Dengan biaya seperti diatas fasilitas untuk pendamping adalah :
1. Bermain di Taman Air "IMUT"
Hmmmm kalau anak kecil okelah main disini tapi kalau emak - emak macam saya jelas gak mungkin
2. Keliling kebun dengan kereta wisata
Naik kereta wisata itu sambung menyambung lho.
Maksudnya diturunin di lokasi outbound anak - anak.
Setelah anak - anak selesai outbound jalan ke pemerahan sapi. Setelah dari sana menunggu kereta wisata lain yang akan membawa ke tempat selanjutnya ( tempat incip buah, Pawon Jawa de el el dan terakhir kita turun di sekitar Taman Air "IMUT"). Jadi kita naik turun kereta wisata sesuai tujuan selanjutnya.
3. Minum susu pasteurisasi Mooa
Hmmmm kok saya gak merasa dapat susu ya? Jangan - jangan pas habis susunya
4. Mencicipi buah segar
Yang diincip buah Melon Orange padahal pengennya Durian ( eh gak mungkin kali, beli dong kalau Durian )
5. Mencicipi keripik dan jamu
Tempatnya di Pawon Jawa
Begitu masuk kita disambut musik gamelan. Ada 3 macam keripik yang bisa dicicipi dan ada 2 macam jamu tetapi tinggal Beras Kencur saja saat itu.
Saya sempat beli 1 botol 1 liter harganya Rp 25.000,00 enak sih untung dapat yang dingin.
5. Minum jus segar
Nah saya kok gak dapat juga ya kalau jus - nya. Jangan - jangan juga kehabisan
Yang harus diperhatikan di Agrowisata Bakti Alam adalah :
Jam operasional : 08.00 - 16.00 BBWI
Senin Tutup kecuali Tanggal merah dan libur nasional
Dilarang membawa makanan  (minum boleh ya)
Tinggi 85 cm ke atas kena tiket penuh

Mungkin yang perlu diperhatikan oleh pihak Agrowisata Bhakti Alam untuk makanannya. Karena kita sepaket sama makanan harusnya jangan dikasih makanan yang mudah bau seperti sayuran dan mie. 2 makanan itu menurut saya rentan bau. Jadi karena saya yang emak - emak ini makan juga gak banyak- banyak amat , ada sisa satu kotak jatah ortu.  Rencananya sisa satu kotak mau saya makan pas Aufeeya abis main air. Eh tapi pas mau bilas kok saya membaui sesuatu yang sudah gak layak dimakan. Entah sayurnya, entah mie-nya. Langsung deh berakhir ke sampah.
Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan menurut saya sudah Instagramable kok. Ada tempat buat foto - foto yang bagus.

Oh ya sebelum ke kolam air 'IMUT' kita masuk ke ilusi 3 D gitu. Jadi didalamnya ada gambar - gambar yang kalau kita foto kayak lagi difoto Simpanse, dikasih durian, Lihat durian yang banyak, diatas jembatan. Banyak deh pokoknya . Cuma sayangnya hape yang bagus buat foto - foto sudah full memory jadi akhirnya foto - foto disini pake hape sisa yang kualitas fotonya beda (baca : jelek)
Dibawah ini foto - foto di ilusi 3 D

Jadi buat yang mau liburan di sekitaran Surabaya maka Agrowisata Bakti Alam Pasuruan merupakan salah satu alternatif pilihan lho, harganya terjangkau dan perjalanannya gak bikin capek juga.
Buat yang mau menginap ada juga homestaynya kok.
Ada berbagai macam harga mulai barak yang bisa dihuni rame - rame sampai  kamar cottage. Untuk informasi harga langsung saja ya ke