Selasa, 28 Maret 2017

PANTI JOMPO GRIYA WREDA SURABAYA



Hari ini pengen cerita tentang kunjungan komunitas #LEBonita ke Griya Wredha Jambangan  sebuah panti jompo yang terletak di jalan Ketintang Madya VI / 15 A Jambangan Surabaya. Sebelumnya panti milik Dinsos Pemkot Surabaya ini terletak di Jalan Medokan Asri Barat X Blok N-19 Surabaya tetapi karena kapasitas penghuninya semakin banyak pada bulan Januari 2017 panti milik Dinsos Surabaya pindah ke Jambangan dengan nama GRIYA WREDA JAMBANGAN.






Jumlah penghuni panti saat kami berkunjung yaitu Maret 2017 adalah 105 orang. Ada penghuni perempuan dan laki-laki yang dipisahkan taman yang ada ditengah panti.  Dan ada juga penghuni panti yang full care atau para lansia yang hanya beraktifitas di atas tempat tidur. Setiap kamar memiliki nama-nama bunga seperti Lavender, Anggrek, Flamboyan dan lain-lain terdiri dari 15 tempat tidur untuk masing-masing lansia dengan satu kamar mandi di tiap kamarnya.
Menurut saya Panti ini bersih lho dan nyaman untuk tinggal para Mbah-Mbah yang ada disana.



Ada beberapa syarat administrasi untuk jadi penghuni panti jompo GRIYA WREDHA yaitu:
1. Surat pengantar dari kelurahan
2. Kartu Keluarga Asli
3. KTP Asli
4. Surat Keterangan Sehat
(Tidak mempunyai penyakit menular dan gangguan jiwa dari puskesmas/rumah sakit)
5. Surat Keterangan Tidak Mampu/Miskin, Terlantar dan Tidak Mempunyai Keluarga dari Lurah/Camat setempat
6. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Lurah / Camat setempat (Legalisir sebanyak 10 X)
7. Surat Pernyataan Tempat Tinggal Tidak Tetap (T4) apabila hasil dari razia
8. Biodata calon penghuni
9. Surat Pernyataan Persetujuan untuk Dirawat di UPTD GRIYA WREDHA
10. Fotokopi KTP Penanggung Jawab
11. Surat Pernyataan Persetujuan untuk Dirawat di UPTD GRIYA WREDHA dari Penanggung Jawab yang Menyerahkan

KTP yang dimaksud disini KTP Surabaya ya karena panti ini milik Dinsos Pemkot Surabaya.  Jadi kalau tidak ber- KTP Surabaya dan tidak memenuhi syarat diatas tidak bisa masuk panti jompo GRIYA WREDHA.


Untuk nomer telepon panti Griya Werdha ini adalah 082518122 atau jika susah dihubungi bisa WA di nomer ini 082339664368
Ini hasil nanya di IG - nya Griya Werdha ya. Kalau kurang jelas nanya langsung aja ke Instagram - nya yaitu @griyawerdha_sby

Screenshoot dari @griyawerdha_sby


Untuk tiap-tiap daerah mungkin ada juga kok panti jompo di tiap kotanya. Tetapi seandainya kita masih mempunyai orangtua yang sudah berumur ataupun sakit sebaiknya kita merawat sendiri karena bagaimanapun merekalah orang-orang yang sudah merawat kita saat masih kecil hingga dewasa. Mereka yang sudah memberikan segalanya untuk menjaga dan merawat kita sedari kecil hingga dewasa.
Jadi melow nulis ini karena cepatnya waktu berlalu. Miss my Papa&Mama :`(

Acaranya kemarin selain bagi-bagi gudibek dan amplop, obat-obatan ada teman yang membawa alat musik



Jadi kita kayak konser gitu tepat di depan kantor panti dan para penghuni panti bisa mendengarkan musik dari kamarnya maupun teras depan kamar mereka masing-masing.
Bahkan mereka ada yang ikut menyanyi bersama dan ikutan joget ketika musik memainkan lagu dangdut lho...
Ah senang sekali melihat wajah - wajah ceria para lansia di panti jompo GRIYA WREDHA dan semoga Allah selalu memberikan rahmatnya kepada para Mbah- Mbah disana. Aamiin...........

5 komentar:

  1. Terimakasih infonya. Ada no telepon nya kah Panti ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf mbak saya kurang tau untuk nomer teleponnya. Monggo dibrowsing aja dengan bekal alamatnya itu. Karena panti ini khan pindahan dari yang lama.

      Hapus
  2. Disini ada ibu2 tua bgt,gk punya anak gk puny suami dan yg paling bikin sedih gk punya rumah,tiap hari keliling bawa daganggan,krupuk ciki buat anak2..sy tnya sih punya ktp surabaya..bisa gk masuk panti jompo disini..kasihan..sy sih gk ada hubungan keluarga..trimks.

    BalasHapus
  3. Mohon maaf kak,, untuk no tlponnya itu minta tolong diganti ya,, soalnya no itu bukan no resmi panti. Itu no pribadi kak. Makasi

    BalasHapus
  4. Mohon bantuan ada lansia terlantar apa masih bisa menerima di tempat tsb

    BalasHapus